Home Berita Polres Malang Kawal Vaksinasi PMK Hewan Ternak di Karangploso

Polres Malang Kawal Vaksinasi PMK Hewan Ternak di Karangploso

14
0

ijtimalang.com, MALANG — Pemberian Vaksin kepada hewan ternak sapi sebagai upaya pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) saat ini sedang diupayakan oleh Disnakkeswan bersama Kepolisian.

Kali ini, Polsek Karangploso melakukan pengamanan dan pengawalan Vaksinasi PMK kepada ternak sapi perah Mitra KUD Karangploso. Senin (27/06/2022) Pagi.

Hadir dalam giat tersebut diantaranya Kapolsek Karangploso IPTU Bambang Subinajar bersama 3 Anggota Polsek Karangploso, Petugas RPH Kepanjen drh. Anung, Mantri Kesehatan Ternak Sapi KUD Kecamatan Karangploso Bapak Hafid bersama rekannya, dan Ketua Paguyuban Ternak Sapi Perah Mitra KUD Karangploso Bapak Edy S.

Penyuntikan vaksin jenis Aftopor tersebut dilakukan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang di Dusun Manggisari, Desa Bocek, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Sebelumnya, sebanyak sekitar 57.600 dosis vaksin PMK ini telah diserahkan oleh Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur kepada Satgas Penanganan PMK Kabupaten Malang pada Jumat 24 Juni 2022 kemarin yang bertempat di Kantor Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur Surabaya.

Sesuai instruksi Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat bahwa Polres Malang telah menerjunkan personel untuk mengamankan jalannya penyuntikan vaksin PMK kepada hewan ternak di wilayah Kabupaten Malang.

Diterangkan oleh Kapolsek Karangploso bahwa pada penyuntikan vaksin hari ini telah mendatangi 9 peternak, dengan 58 ekor sapi, serta akan dilakukan bergiliran kepada peternak yang lain.

“Hari ini kita telah melakukan pengamanan dan pengawalan suntik vaksin terhadap sapi yang berjumlah 58 hewan milik ke 9 peternak” Ucap Kapolsek.

Drh.Anung yang ditugaskan ke lokasi, menyampaikan bahwa vaksin yang diberikan kepada sapi di Karangploso Malang ini jenis AFTOPOR.

Sapi yang sudah dilakukan vaksinasi ini nantinya akan berikan tanda keplek biru berupa ear tag dan sudah ada nomornya, ujar Anung.

Iptu Bambang mengatakan Ada sekitar 20 dosis vaksin PMK merk Aftopur yang disuntikan pada sapi perah milik warga yang menjadi mitra kerja dari KUD karangploso.

Adapun vaksinasi tahap pertama ini dilakukan dengan cara menyuntikkan vaksin pada leher sapi sebelah kanan. Sedangkan untuk vaksinasi tahap kedua akan dilakukan dengan jangka waktu satu bulan kemudian, ujar Anung.

Iptu Bambang Subinanjar mengatakan bahwa kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan pada 9 (sembilan) peternak dengan total sapi yang dilakukan vaksinasi tahap pertama pada hari ini sebanyak 58 (lima puluh delapan) sapi.

Dalam lokasi berbeda, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat mengatakan bahwa vaksinasi ternak sapi tersebut adalah kegiatan yang sudah ditunggu-tunggu oleh para peternak, oleh karenanya, setelah vaksin tiba langsung dikoordinasikan bersama dinas terkait untuk segera turun dan bergerak ke lapangan melakukan vaksinasi.

Vaksinasi PMK pada hewan ternak ini akan dilanjutkan secara bertahap diseluruh wilayah Kacamatan Karangploso. Kami akan dampingi dan mengawasi pelaksanaan kegiatan ini dengan begitu harapan masyarakat dapat terpenuhi sesuai dengan rencana kegiatan hari ini dapat berjalan dengan tertib dan aman sesuai program dari Pemerintah, tandasnya.

Dengan dilakukan pengamanan dan pengawalan vaksinasi ini, Kapolres Malang berharap agar terjaganya situasi Kamtibmas dan kelancaran pada saat penyuntikan vaksinasi.

Previous articleSegera Resmikan Striker Asing, Presiden Arema FC Yakin Berikan Dampak Positif Pada Strategi Tim
Next articlePerserosi Kabupaten Malang Sumbang Medali di Porprov Jatim VII