Home Berita Muhaimin Iskandar Janji Siap Habisi Mafia Pupuk Demi Petani

Muhaimin Iskandar Janji Siap Habisi Mafia Pupuk Demi Petani

36
0

IJTIMALANG.COM – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menemui ribuan petani Kabupaten Malang, di GOR Kanjuruhan Kepanjen, Rabu (14/09/2022) siang. Bertajuk Rembuk Tani, Cak Imin mendapat banyak keluhan, salah satunya masalah pupuk bersubsidi.

Salah satunya disampaikan H Ismail, Ketua KUD Gondanglegi yang mewakili kelompok petani tebu. Menurutnya, selama ini petani merasa sangat kesulitan untuk mendapatkan pupuk bersubsidi.

Tata kelola pupuk bersubsidi yang dianggap amburadul, sangat memojokkan para petani di daerah. Ia berharap subsidi pupuk dikembalikan kepada petani, termasuk proses pembelian pupuk yang mudah.

“Selain itu, setiap kali musim panen tebu, kenapa harga gula selalu turun. Saya minta kepada Gus Muhaimin (Cak Imin, red) untuk memperjuangkan nasib petani. Karena kedaulatan pangan sebagai wujud kedaulatan bangsa, namun kenapa petani selalu didzolimi,” terang H Ismail.

Petani lainnya, I Ketut Sutarma juga menyampaikan permasalahan yang sama. Pupuk bersubsidi menjadi masalah utama bagi para petani, khususnya petani yang ada di Kabupaten Malang.

“Hari ini saya mewakili para petani menyampaikan keluh kesah. Dimana para petani kecil seperti kami selalu dipojokkan oleh subsidi pupuk yang tata kelolanya amburadul,” ujarnya.

Menanggapi keluhan para petani, Cak Imin menyatakan bahwa PKB akan menjadi partai pertama yang secara all out membela petani. Bersama-sama para petani, akan memperjuangkan masalah pupuk bersubsidi.

“Agenda pertama saya sepulang dari sini (Rembuk Tani di Malang, red) akan langsung menemui Pak Kapolri. Akan meminta memberantas mafia pupuk dari cara penanganannya. Karena saya sudah gatel, mulai dulu tidak rampung-rampung,” tegas Cak Imin.

Dikatakannya, bahwa masalah pupuk ini sudah menjadi keluhan para petani bertahun-tahun. Tidak hanya petani di Malang, tetapi di seluruh Indonesia mengeluhkan hal yang sama.

“Saya akan menemui Menteri Pertanian, Menteri Perdagangan, Menteri BUMN dan Kapolri. Meminta untuk memberantas mafia pupuk bersubsidi supaya teratasi dan siklus rentetan ini segera berakhir,” jelasnya.

Cak Imin menambahkan, bahwa sebenarnya terkait masalah pupuk ini sudah disampaikan berkali-kali. Tetapi kenyataan sebenarnya memang harus dibutuhkan action yang lebih konkrit.

“Yakni dengan memberantas semua mafia mulai dari ilir ke hulu atau dari atas sampai bawah,” ucapnya.

Selain mendapat banyak keluhan, dalam acara Rembuk Tani, Muhaimin Iskandar mendapat julukan sebagai Panglima Petani. Seluruh petani di Kabupaten Malang menyatakan siap mendukung Cak Imin sebagai Presiden di tahun 2024 nanti.

Previous articleWorkshop Mitigasi Bencana Hingga Aksi Donor Darah, di Gelar IJTI Korda Malang Raya Peringati Hari PMI
Next articlePerlunya Mitigasi Bencana Saat Menjalankan Peliputan, IJTI Korda Malang Raya Gelar WorkShop