Home Berita Gubernur Khofifah Kalkulasi Kebutuhan BBM Bagi Nelayan

Gubernur Khofifah Kalkulasi Kebutuhan BBM Bagi Nelayan

19
0

IJTIMALANG.COM – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri langsung tradisi Petik Laut di Pantai Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Selasa (27/9/2022) siang.

Petik Laut Sendangbiru kembali diadakan setelah dua tahun absen karena pandemi Covid-19. Petik Laut merupakan tradisi nelayan di Sendangbiru yang sudah diadakan turun menurun dari generasi ke generasi. Tradisi tersebut diadakan dalam rangka menyambut musim tangkap ikan.

“Apa yang dilakukan hari ini bisa jadi penyemangat para nelayan,” kata Gubernur Khofifah saat memberikan sambutan pada acara Petik Laut di Sendangbiru.

Khofifah mengatakan, saat ini kenaikan harga BBM tentu berimbas langsung bagi nelayan. Dirinya terus berupaya memfasilitasi para nelayan untuk menyiasati penggunaan BBM.

Khofifah mengaku telah melakukan koordinasi dengan Pertamina untuk mengkalkulasi kebutuhan BBM para nelayan.

Sementara itu, Bupati Malang HM Sanusi menjelaskan, pandemi yang berlangsung beberapa tahun terakhir membuat hasil tangkapan ikan nelayan Sendangbiru menurun drastis. Sanusi berharap momen Petik Laut ini dapat mengembalikan hasil tangkapan laut nelayan Sendangbiru seperti sedia kala.

“Hasilnya menurun sekarang hanya 20 ton ikan tuna per hari. Sebelum pandemi bisa 200 ton per hari. Tujuan Petik Laut dan Larungan ini untuk bersedekah, biasanya setelah ini hasil tangkapannya meningkat,” Sanusi mengakhiri.

Previous articleCurhat Ke Presiden, Rahmat Ingin Jaminkan Ijazah untuk Modal dari Bank BUMN
Next articlePetik Laut Sendangbiru Didorong Jadi Potensi Wisata Pemprov Jatim