Home Berita Derby Jatim Rawan Bentrok, Ini Skema Kedatangan Yang Disiapkan Oleh Panpel Arema...

Derby Jatim Rawan Bentrok, Ini Skema Kedatangan Yang Disiapkan Oleh Panpel Arema FC

46
0

IJTIMALANG.COM – Derby Jatim yang mempertemukan Arema FC dengan seteru abadinya, Persebaya Surabaya pada 1 Oktober 2022 mendatang dinilai rawan terjadinya ‘gesekan’ dalam ranah suporter, khususnya di kawasan luar Malang Raya.

Pasalnya diperkirakan ada ratusan Aremania yang berangkat dari kawasan Sidoarjo, Pasuruan, Mojokerto, Probolinggo, dan beberapa daerah lainnya di luar tiga daerah di Malang raya.

Guna mengurangi gesekan tersebut, Panpel Arema FC berkoordinasi dengan jajaran kepolisian Malang raya, Pasuruan dan sekitarnya.

Koordinasi dilakukan untuk mempersiapkan skema keberangkatan dan kepulangan para suporter sebelum dan sesudah laga.

“Prinsipnya kita ingin koordinasi dengan semua jajaran, terutama beberapa pihak yang berkaitan dengan keberangkatan dan kepulangan suporter yang utamanya dari luar kota,” ucap Ketua Panpel pertandingan Arema FC Abdul Harris, pada Kamis (28/9/2022).

Haris mengaku dari informasi yang masuk, ada kurang lebih 400 sepeda motor Aremania dari luar Malang raya yang bakal berangkat menuju Stadion Kanjuruhan Malang. Makanya untuk pemberangkatan dan pemulangannya dibutuhkan pengawalan kepolisian, untuk keamanan.

“Mereka akan berangkat ke Malang dengan 400 sepeda motor, ini kalau mereka konvoi kalau tidak ada pengawalan pasti ada masalah di perjalanan, ini kalau tidak dikawal pasti bentrok dengan suporter sebelah,” tuturnya.

Meski demikian, pihaknya menyarankan agar Aremania dari luar Malang raya berangkat menggunakan mobil atau bus. Pasalnya jalur bebas hambatan atau jalan tol lebih aman, dibanding jalan raya. Pihaknya pun tengah berkoordinasi dengan TNI untuk memfasilitasi mereka berangkat dengan truk milik TNI.

“Kalau mau aman, tertib, bisa naik mobil lewat tol namun kalau tidak bisa, kita kemarin berinisiasi untuk menggunakan truk dari Kesatuan TNI, intinya bagaimana teman – teman ini bisa aman mulai berangkat, hingga pulang ke rumah,” tandasnya.

Duel dua tim Jawa Timur ini sesuai jadwal dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi bakal berlangsung pada Sabtu malam (1/10/2022) pukul 20.00 WIB.

Arema FC sendiri baru saja mendulang kemenangan pertamanya usai hasil buruk di tiga laga sebelumnya tak meraih kemenangan sekalipun. Arema FC kini terseok-seok di posisi 9 klasemen sementara dengan torehan 14 poin dari 10 laga yang dilakoninya.

Sedangkan calon lawannya Persebaya Surabaya tambah lebih parah. Skuad besutan Aji Santoso ini kalah beruntun di tiga laga terakhir. Persebaya berada di papan bawah klasemen sementara. Bajul Ijo mengoleksi 10 poin, dari raihan tiga kemenangan, satu hasil imbang, dan enam kekalahan.

Previous articleBMKG Prediksi Musim Hujan Tahun 2022 Datang Lebih Awal, BPBD Kabupaten Malang Siapkan Status Siaga Antisipasi Bencana Hidrometeorologi
Next articleDBD di Kota Malang Tembus 400 Kasus, Sejak Januari Hingga September