Home Berita Polisi Sisir Ranjau Paku di Jalur Mudik Malang – Surabaya, Pastikan Lebaran...

Polisi Sisir Ranjau Paku di Jalur Mudik Malang – Surabaya, Pastikan Lebaran Aman dan Berkesan

58
0

IJTIMALANG.COM – Kepolisian Resor Malang, Polda Jatim, terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam gelaran Operasi Ketupat Semeru 2023. Hal ini dilakukan agar pemudik merasa aman dan nyaman dalam perjalanan menuju kampung halaman.

Kali ini, Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Malang bersama Polsek Lawang dibantu Aremania dan relawan, membersihkan ruas jalan dari paku maupun benda tajam lainnya, di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Kamis (20/4/2023).

Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana melalui Kasi Humas Polres Malang IPTU Ahmad Taufik mengatakan, pembersihan jalan dilakukan agar pengguna jalan tidak mengalami pecah ban yang diakibatkan oleh paku, baut, maupun serpihan benda tajam lain yang membahayakan.

Dengan menenteng sebuah tongkat berbandul magnet di ujungnya, personel menyisir bahu jalan di sepanjang ruas Jalan Dr Cipto hingga Jalan MH Thamrin, yang merupakan jalan provinsi arah Malang – Surabaya. Penyisiran jalan juga dilakukan di ruas jalan sebaliknya arah Surabaya – Malang yang merupakan jalur mudik lebaran.

“Kepolisian bersama Aremania dan relawan menyisir ranjau paku dan benda tajam lainnya yang berserakan di sepanjang bahu jalan, untuk mencegah pemudik mengalami kendala saat dalam perjalanan,” kata IPTU Taufik saat dikonfirmasi di Polres Malang, Jumat (21/4/2023).

Taufik menambahkan, penyisiran dilakukan dengan berjalan kaki dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Alat dengan bandul magnet diujungnya kemudian disapukan ke permukaan jalan sambil disorot menggunakan lampu senter.

Hasilnya, ratusan paku yang sudah rusak dan berkarat terangkat tongkat magnet tersebut. Ada juga benda tajam lainnya seperti potongan kawat, baut, hingga serpihan besi kecil.

“Pesonel berhasil menyapu paku berukuran 3 hingga 5 Cm, ada juga barang seperti baut, kawat, potongan besi kecil yang terangkat magnet. Seluruhnya kemudian dikumpulkan dan diamankan agar tidak menyebabkan kecelakaan,” ujarnya.

Taufik menyebut, benda tajam yang berserakan di permukaan jalan dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Sebab kendaraan sedang melaju kencang, akan kehilangan kendali jika salah satu bannya tiba-tiba kehilangan tekanan angin atau bahkan meletus karena tertusuk benda tajam.

“Ini kita lakukan sebagai antisipasi kecelakaan lalu lintas seperti pecah ban, terguling, bahkan tabrakan beruntun yang disebabkan kendaraan berhenti di bahu jalan,” ungkapnya.

Kepolisian menyebut, pihaknya akan terus melakukan pembersihan jalanan secara berkala selama arus mudik hingga arus balik Lebaran 2023 di sejumlah lokasi yang dinilai rawan kecelakaan lalu lintas. Hal ini merupakan wujud pelayanan Polri guna memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat.

“Harapannya terwujud situasi Kamtibmas dan Kamseltibcar lantas yang kondusif sebelum, pada saat dan sesudah lebaran dan perayaan Idul Fitri 1444 H / 2023,” pungkasnya.

Previous articleUpdate Pelanggan KA pada Masa Angkutan Lebaran 2023
Next articlePresiden Joko Widodo Sampaikan Ucapan Idulfitri 1444 Hijriah