Home Berita Tumbuhkan Rasa Nasionalis, 2000 Siswa SMA Di Kota Malang Peringati Hari Lahir...

Tumbuhkan Rasa Nasionalis, 2000 Siswa SMA Di Kota Malang Peringati Hari Lahir Pancasila Di Bundaran Tugu

23
0
Antrian aremania dan aremanita di tiket box yang berada di kantor arema fc.

ijtimalang.com, Kota Malang-Hari lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni kali ini diperingati dengan cukup meriah. Seperti di Kota Malang Jawa Timur, sebanyak 2000 mahasiswa mengitari bundaran Tugu Kota Malang, Rabu (1/06/22) pagi dengan memakai seragam dan beragam aksesoris merah putih mereka menyanyikan lagu Indoensia raya, serta membaca teks Pancasila.

Ketua Forum OSIS Kota Malang, Amare Amodia Laksita Setiadi mengatakan jika kegiatan ini telah direncakan selama satu bulan lalu.

“Kegiatan kami ini direncanakan kurang dari satu bulan sebelumnya dan alhamdulilah bisa terlaksana dengan sangat lancar,” kata Amare Amodia, Rabu (01/05).

Ia melanjutkan jika kegiatan yang cukup Akbar ini pertama kali dicetuskan oleh para alumnus SMA Tugu lalu dikomunikasikan dengan pengurus forum OSIS Malang.

“Kegiatan ini pertama kali dicetuskan oleh kakak alumni sma tugu dan berkomunikasi dengan kami forum osis Malang dan forum alumni sma tugu dapat menjadi panitia untuk mensukseskan kegiatan lahirnya pancasila ini,” tambah Amare Amodia.

Keglgiatan bertajuk Gelegar Ikrar Pelajar ini didukung oleh 35 sekolah sekota Malang yang terdiri dari SMA negeri, SMA Swasta dan Madrasah. Setiap sekolah mengirimkan 50 perwakilan pelajar.

“Ada 2000 an siswa dari 35 sekolah di Kota Malang, sma negeri, swasta, dan madrasah. Dari SMA tugu 300 an, dan sekolah lain mengirim 50 an siswa,” papar Amare Amodia.

Menurut Amare, kegiatan ini bertujuan untuk mengajak kawan kawan SMA agar selalu tumbuh rasa cinta tanah air, karena para Pelajar merupakan cikal bakal pemimpin bangsa di masa depan.

“Mengajak kawan-kawan sma yang nantinya bakal menjadi pemimpin-pemimpin bangsa di masa depan serta menumbuhkan rasa cinta tanah air menjadi lebih bangga terhadap Indonesia,” kata Amare Amodia.

Sementara itu, Adelia Lutfianda Salah seorang Pelajar mengatakan jika gelaran Ikrar Pelajar di momen Hari lahir Pancasila ini sangat positif, karena bisa meningkatkan rasa semangat Dan menumbuh kembangkan rasa cinta NKRI.

“Kita menyanyikan lagu Indonesia raya, lagu Garuda pancasila dan disini teman-teman semuanya juga pada semangat untuk mengikutinya, disini kita juga bisa meningkatkan rasa kesemangatan Indonesia jadi semangat NKRI harga mati,” kata Adelia Lutfianda.

Bagi Adelia, makna Pancasila merupakan dasar dari Persatuan Dan kebersamaan bangsa Indonesia, oleh karenanya sebagai pelajar harus mengamalkan setiap nilai Pancasila.

“Pancasila adalah dasar negara kita, dimana segala asal Persatuan Dan kesatuan itu ada di dalam situ kalau kita sudah mengamalkan Pancasila, disini kita bisa menghidupi kehidupan kita di Indonesia ini dalam kebersamaan dan persatuan,” tandas Adelia.(ari)

Previous articleDari Ende, Presiden Ajak Seluruh Anak Bangsa Bumikan Pancasila
Next articleRibuan Calon Jamaah Haji Kabupaten Malang Batal Berangkat