Home Berita Pedagang Asongan Keliling di Kota Batu Dapat Bantuan Program Kemensos

Pedagang Asongan Keliling di Kota Batu Dapat Bantuan Program Kemensos

33
0

IJTIMALANG.COM – Menindak lanjuti program kementrian sosial, Pemerintah Kota (Pemkot) Batu melalui Dinas Sosial, menyalurkan sejumlah bantuan sarana prasarana kepada keluarga penerima manfaat (KPM) program keluarga harapan(PKH) yang telah lolos verifikasi graduasi, bantuan tersebut berupa genset atau generator listrik dan rombong untuk peningkatan usaha bagi penerima bantuan.Selasa (30/8/2022).

Penerima bantuan KPM PKH sebanyak 9 orang, keluarga penerima manfaat program keluarga harapan di wilayah Kota Batu lolos verifikasi graduasi yang nantinya tidak lagi mendapatkan bantuan.

Bantuan tersebut berupa 2 genset dan 7 rombong  yang sebelumnya terlah di salurkan oleh Walikota Batu kepada keluarga penerima manfaat (KPM) melalui Dinas Sosial dengan program keluarga harapan sebanyak 6 sarana prasarana peningkatan usaha micro kecil menengah.

Kemudian penyaluran bantuan KPM PKH tiga sarana prasaranan untuk peningkatan usaha micro kecil menengah (UMKM) langsung di salur oleh Wakil Walikota Batu.

 

Salah satu penerima bantuan  bernama Suwarni (50) penjual pangsit Mie   mengaku, apa yang di lalukan Kementrian Sosial lewat Pemkot Batu sangat bermanfaat bagi pelaku usaha micro, sehingga dengan adanya bantuan tersebut kami, selaku pelaku usaha micro berterima kasih atas perhatiannya Pemkot Batu  terhadap warga pelaku usaha micro.

“Dengan bantuan tersebut,seperti saya penjual pangsit mie, nanti nya usaha saya bisa berkembang dan para pelaku usaha micro lainnya juga bisa mengembangkan atau meningkatkan usahanya, dan tidak lagi menerima bantuan dari Pemerintah,”jelas Suwarni.

Wakil Walikota Batu Punjul Santoso saat menyalurkan bantuan mengatakan, bantuan yang di salurkan kepada KPM PKH ini sebagai tindak lanjut program Kemensos melalui Dinas Sosial di Pemkot Batu.

Penerima bantuan tersebut merupakan keluarga yang telah lolos verifikasi graduasi, yang nanti nya tidak lagi menerima bantuan dari Pemerintah, karena di nilai sudah meningkat dalam melakukan usaha di jalaninya.

Bagi KPM PKH yang hari ini telah menerima bantuan, nantinya tidak lagi dapat bantuan dari Pemerintah, di benarkan oleh Wakil Walikota Batu.

“Benar mas, kan mereka sekarang ini  anggap saja, bantuan dari Pemerintah telah berakhir, ke kedepan nya mereka ini tidak lagi dapat bantuan,” kata Punjul.

“Jadi, orang orang menerima bantuan itu,berhenti disini, karena dari hasil verifikasi graduasi mereka telah memenuhi syarat menjadi pelaku usaha micro yang mandiri, selain itu mereka juga di nilai perekonomian nya meningkat dan berkembang,” jelas Punjul.

Sementara dari data Dinas Sosial Kota Batu jumlah keluarga penerima manfaat dari tahun ke tahu terus menurun, hal ini pertanda peningkatan ekonomi di Kota Batu terus berkembang khususnya pada pelaku usaha micro kecil menengah di Kota Batu.

Punjul Santoso Wakil Walikota Batu berharap melalui program kementrian sosial ini, para keluarga penerima manfaat program keluarga harapan di Kota Batu yang telah menerima bantuan bisa manfaatkan bantuan tersebut sebagai mana mestinya agar per ekonomian bagi penerima manfaat meningkat.(Yanto Yancong).

Previous articlePresiden Jokowi Luncurkan Papua Football Academy
Next articleTersangka Kasus Pencurian Sepeda Motor di Batu di Hentikan, Ini Sebabnya