Home Berita Layanan Home Care RS Karsa Husada Batu “SiDul Kemit” Siap Datangi Pasien...

Layanan Home Care RS Karsa Husada Batu “SiDul Kemit” Siap Datangi Pasien ke Rumah

63
0

IJTIMALANG.COM – Upaya untuk mendukung pemenuhan pelayanan kesehatan masyarakat Kota Batu dalam rangka mempertahankan, meningkatkan, atau memaksimalkan tingkat kemandirian, dan meminimalkan akibat dari penyakit.Rumah Sakit Karsa Husada Kota Batu berinovasi luncurkan layanan Home Care yaitu Aksi Peduli Kenyamanan Pasien dan Evaluasi Terapi (SiDul Kemit),Kamis (16/9/2022).

Sasaran pelayanan Home Care “SiDul Kemit” adalah masyarakat miskin Kota Batu yang tidak bisa menjangkau layanan kesehatan ke rumah sakit karena kelemahan fisik (kecacatan), sosial (keluarga tidak ada yang mengantar) dan kelemahan ekonomi.

Direktur RSUD Karsa Husada Kota Batu dr. Muhammad Rizal saat peluncuran layanan home care mengatakan,  program Home Care “SiDul Kemit” hadir melayani warga Kota Batu dan Malang Barat maupun wisatawan yang sedang berwisata di Kota Batu.

“Kriteria pasien yang diutamakan untuk kelompok masyarakat rentan seperti lansia, ibu hamil, penyintas disabilitas, kanker stadium akhir, pasien penderita penyakit kronis dan dalam kondisi parah sehingga memerlukan perawatan dalam jangka waktu lama,”kata Rizal. Kamis (16/9).

Home Care yang merupakan program unggulan tersebut namanya Aksi Peduli Kenyamanan Pasien dan Evaluasi Terapi singkatnya “SiDul Kemit”.

“Pelayanan Home Care “Si Dul Kemit” adalah tim multidisipliner yang telah ditetapkan oleh direktur, meliputi dokter, psikolog, perawat, apoteker, tenaga kesehatan lain dan tenaga pendukung operasional lainnya yang melaksanakan tugas sesuai dengan kewenangannya,”jelas Rizal.

“Jadi, layanan masyarakat mengenai Home Care yang mana diberikan kepada masyarakat yang kesulitan untuk datang ke RSUD Karsa Husada. Tim akan jemput bola dan melakukan perawatan medis di rumah,bahkan warga yang berada di jarak 5 kilometer akan digratiskan,” terang Rizal, ketika peluncuran layanan home care di salah satu hotel di Kota Batu.

Lebih lanjut Direktur RS Karsa Husada menambahkan, nantinya tim Home Care Si Dul Kemit akan mendatangi pasien, setelah mendapatkan panggilan, tim akan langsung datang ke alamat tujuan. Tim yang datang nanti tentunya akan difasilitasi dengan dua kendaraan roda dua dan satu kendaraan roda empat.

“Pihak tim, melakukan ini sifatnya tidak darurat seperti terkendala usia, kesulitan datang, difabel, melanjutkan terapi maupun pasien yang membutuhkan perawatan. Pada awal nanti RSUD Karsa Husada menyediakan 2-3 tim. Setiap timnya terdiri dari 2 orang. Jam operasional 24 jam,” ungkapnya.

“Selain itu RSUD Karsa Husada Kota Batu juga memiliki fasilitas rawat jalan lainnya yang tidak dimiliki di Malang Raya. Yakni TMS (Transcranial Magnetik Stimulation) merupakan teknik pengobatan luar tubuh yang merangsang syaraf-syaraf dalam otak dengan tekanan magnetik melalui kulit kepala,”pungkasnya.(Yanto Yancong)

Previous articlePolresta Malang Kota Bagi Paket Sembako ke Ratusan Pemulung di TPA Supit Urang
Next article50 Persen Area Pabrik Kertas CV Kurnia Jaya Ludes Terbakar, Hingga Kini Api Belum Padam