Home Berita Upaya Tekan Angka Pengangguran, Pelatihan MUA Digelar Untuk Para Pencari Kerja di...

Upaya Tekan Angka Pengangguran, Pelatihan MUA Digelar Untuk Para Pencari Kerja di Kota Malang

70
0

IJTIMALANG.COM – Angka pengangguran di Kota Malang terus meningkat. Hal ini dibenarkan oleh para pencari kerja yang menyebut mencari kerja saat ini begitu susah.

Berdasarkan hal tersebut, Dinas Tenaga Kerja Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan SMK Prajnaparamita menggelar pelatihan keterampilan yang berbasis kompetensi. Kali ini pelatihan tata kecantikan atau Make Up Artist digelar selama 6 hari, dan diikuti oleh 55 pencari kerja di Kota Malang.

Dalam pelatihan ini peserta diajarkan teknik make up daily, korektif, hingga make up panggung. Pelatihan digelar secara gratis, dan peserta akan mendapatkan sertifikat profesi yang berlaku selama 3 tahun.

“Untuk tingkat pengangguran terbuka setiap tahun meningkat, terakhir dari 2021 ke 2022 naik 0,4 persen. Termasuk tinggi untuk Kota Malang” tutur Kabid Tenaga Kerja Titis Handayani, Selasa (20/09/2022).

Titis menambahkan, profesi MUA kini memiliki peluang bagus untuk ditekuni.

“Make Up Artis ini kan pasar luas setelah pandemi ini. Mulai hajatan-hajatan, ada kebebasan pawai karnaval juga sudah boleh. Nah ini peluang untuk MUA mengembangkan keterampilan” tambahnya.

Peserta pun mengaku pelatihan ini bermanfaat, karena memberikan beragam teknik. Terlebih saat ini mencari kerja di Kota Malang termasuk sulit.

“Ikut-ikut pelatihan, sekarang kan cari kerja susah banget. Ini karena ada cita-cita jadi MUA saya ikut. Dapat banyak ilmu” cerita Sabita.

Melalui pelatihan ini diharap peserta mandiri dan memiliki modal keterampilan yang mumpuni untuk memulai usaha. (Dhaningtyas)

Previous articleTabloid Soal Anies Tersebar di Masjid, Walikota Malang Anjurkan DMI Kota Malang Untuk Hentikan Peredaran
Next articleKorban Kekerasan Seksual di Kota Batu Jadi Perhatian Khusus Mensos, Ini Sebabnya.