Home Berita Menyambut HPN 2023, Jurnalis Lintas Selatan Gelar Lomba Mural Aspirasiku

Menyambut HPN 2023, Jurnalis Lintas Selatan Gelar Lomba Mural Aspirasiku

162
0

IJTIMALANG.COM – Jurnalis Lintas Selatan (JLS) dengan dukungan Polres Malang menggelar Lomba Mural Aspirasiku. Kegiatan ini dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2023.

Ketua Panitia, Daviq Umar mengatakan, Jurnalis Lintas Selatan adalah para awak media yang bertugas liputan di wilayah Kabupaten Malang. Baik yang ngepos di pemerintah maupun instansi lain, seperti Polres Malang.

“Lomba Mural Aspirasiku ini, untuk menyambut HPN 2023. Lomba dibuka untuk umum. Kegiatan ini sekaligus mewadahi para pecinta seni, khususnya mural untuk memberikan ruang mereka berekspresi dan menyalurkan karyanya,” ucap Daviq Umar.

Pendaftaran lomba dibuka mulai Sabtu (28/1/23) dan ditutup pada Jumat (3/2/23). Sementara pelaksanaan Lomba Mural Aspirasiku pada Selasa (7/1/23) di Lapangan Satya Haprabu Mapolres Malang.

“Lomba kami buka secara gratis. Kami juga menyediakan semua fasilitas untuk peserta. Mulai dari media hingga peralatan dan kebutuhan lomba. Termasuk konsumsi untuk peserta,” ujarnya.

Tema lomba, kata Daviq Umar bebas. Peserta boleh mengkritik, memberi masukan atau menyalurkan aspirasi lewat karya seni. Seperti terkait Tragedi Kanjuruhan, kemanusiaan, kekerasan seksual anak, krisis iklim, Lalu Lintas, perdamaian ataupun lainnya.

“Meskipun bebas, tetapi karya seni tidak boleh berbau SARA dan pornografi. Tetap harus mengedepankan ideologi Pancasila,” tegasnya.

Sementara untuk pemenang akan diambil enam juara. Yakni juara I, II dan III. Lalu juara harapan I dan II serta karya Favorit.

“Untuk hadiah, juara I sebesar Rp 5 juta, juara II Rp 3 juta, juara III Rp 2 juta serta juara harapan I, II dan favorit masing-masing Rp 1 juta,” tutur Daviq.

Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana mengatakan bahwa Polres Malang sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan Jurnalis Lintas Selatan Kabupaten Malang. Karena kegiatan ini untuk memberi ruang kebebasan berekspresi yang damai menyambut Hari Pers Nasional 2023.

“Pers Merdeka Demokrasi Bermartabat. Polres Malang bersinergi dengan insan Pers mewujudkan Kabupaten Malang Makmur, Aman dan Sehat,” papar Putu Kholis Aryana.

Previous articleBuka Rakornas Transisi PC-PEN, Presiden Apresiasi Kerja Keras Jajaran Tangani Pandemi
Next articlePolisi Selidiki Kasus Percobaan Penculikan Anak di Dampit Malang