Home Berita Berawal dari Hobby Pelihara Ayam Hias, Mampu Datangkan Pundi Rupiah

Berawal dari Hobby Pelihara Ayam Hias, Mampu Datangkan Pundi Rupiah

305
0

IJTIMALANG.COM – Berawal dari hobi, seorang pria di Kabupaten Malang, Jawa Timur sukses beternak puluhan ayam hias dari berbagai negara. Koleksi puluhan ayam hiasnya kini mampu mendatangkan pundi pundi rupiah per bulannya.

Inilah Imron Wahyudi, saat merawat puluhan ekor ayam hias di rumahnya di desa pandanmulyo, kecamatan tajinan, kabupaten Malang. Ayam hias koleksinya itu berasal dari berbagai negara di seluruh belahan dunia. Yang kini ia berhasil budidayakan dihalaman belakang rumahnya.

Budidaya ayam hias yang ia geluti saat ini, berawal dari hobi. Ia awalnya membeli sepasang ayam hias pada 2018 lalu. Berbekal keuletan dan ketekunan, kini ayam hias miliknya telah banyak dibeli para kolektor di pulau jawa.

“Awalnya hobi, yang penting senang dulu merawatnya. Nanti juga rejeki datang sendiri.” Ujarnya.

Koleksi ayam hiasnya dari berbagai negara, seperti ayam hias jenis golden dan silver pheasant, yang berasal dari Tiongkok dan American Silkie, ayam Batik Italia dan ayam ekor panjang, onadagori asal jepang.

“Perawatannya lebih mudah, biaya makannya pun relatif lebih irit bila dibanding dengan ayam kampung lokal.” Imbuhnya.

Ditambah Perawatan ayam hias tergolong mudah, menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmatnya. Cukup diberi makan biji-bijian dan sayuran secara rutin dan kandangnya selalu dibersihkan tiap hari. Dan pemberian disinfektan untuk mencegah hama pada bulu ayam hias.

“Ya biasanya kita harus secara berkala melakukan pengecekan kepada bulu bulu ayam, untuk membersihkan kutu yang biasanya melekat. Intinya kebersihan kandang juga yang perlu dicermati.” Tambahnya.

Keindahan bulu dan keunikan bentuknya membuat harga jual ayam hias ini, bisa menyentuh jutaan rupiah per pasang.

Berkat hobinya membudidayakan ayam hias ini. Kini dirinya mampu mendatangkan pundi rupiah, ratusan hingga jutaan rupiah perbulannya.

Previous articleMelalui Jumat Curhat, Polisi Tampung Aspirasi Warga Terkait Pembatasan Patrol Sahur Menggunakan Sound System Besar
Next articlePolres Malang dan Polsek Ampelgading Tangkap Pengedar Sabu Jaringan Tirtoyudo Kabupaten Malang