Home Berita Tiga Arahan Presiden Jokowi kepada Menpora Baru

Tiga Arahan Presiden Jokowi kepada Menpora Baru

20
0

IJTIMALANG.COM – Presiden Joko Widodo memberikan tiga arahan kepada Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo, Menteri Pemuda dan Olahraga yang baru dilantik di Istana Negara, Jakarta, Senin, 3 April 2023. Arahan pertama adalah agar Dito menyiapkan tim Indonesia pada ajang olahraga SEA Games dan Asian Games dengan efisien.

“Ada tiga poin dari Pak Presiden, yang satu Pak Presiden ingin di agenda _event_ SEA Games dan Asian Games kita memprioritaskan cabor-cabor yang memiliki potensi medali. Jadi harus efisien, tetapi kita mendapatkan hasil medali yang terbaik,” ujar Dito dalam keterangannya kepada awak media usai pelantikan.

Kedua, Presiden ingin agar liga-liga olahraga secara masif digalakkan di level pendidikan sekolah dan kuliah. “Juga untuk rakyat kita diminta untuk menggalakkan liga antarkampung,” imbuhnya.

“Ketiga, Pak Presiden sangat peduli dan ingin ekosistem _sport industry_ Indonesia ini makin maju dan makin _established_,” lanjutnya.

Untuk sektor kepemudaan, Presiden ingin agar pengembangan pemuda diarahkan ke kewirausahaan dan profesionalitas dengan capaian indeks pembangunan pemuda yang naik.

Selain itu, Dito mengatakan bahwa pihaknya akan segera menyiapkan pelaksanaan ajang-ajang olahraga internasional. Ajang tersebut antara lain Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 di Jakarta dan World Beach Games di Bali.

“Ke depan kan ada tujuh _event_ internasional, salah satunya Indonesia tuan rumah di bola basket dan World Beach Games. Pasti apa yang sudah dimulai tentunya otomatis akan kita teruskan dan juga maksimalkan pelaksanaannya,” jelas Dito.

Dito juga memastikan bahwa ia akan segera berkomunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan terkait World Beach Games di Bali agar pelaksanaannya bisa berjalan dengan lancar. Ia juga sepakat dengan Presiden Jokowi bahwa olahraga dan politik tidak boleh dicampuradukkan.

“Ya dengan melihat pengalaman kemarin U-20 (penolakan) Israel, pasti per hari ini saya akan coba bicara ke seluruh _stakeholder_ yang ada. Semoga kita bisa memastikan kelancaran jalannya dan juga menimbulkan titik temu,” ucapnya.

“Saya sesuai dengan apa yang sudah dibicarakan Pak Presiden bahwa harus dipisahkan kedua hal itu (politik dan olahraga), walaupun hal ini adalah sesuatu kompleksitasnya tinggi, tapi memang kita akan usahakan yang terbaik,” tandasnya.

Previous articlePiala Dunia U 20 Gagal Digelar, Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Minta Pemerintah Kembali Fokus Usut Tuntas
Next articlePresiden Jokowi Dorong Optimalisasi Kegiatan Deradikalisasi