Home Berita Axotic Farm Kembangbiakkan Ikan Langka Berbentuk Naga Asal Mexico

Axotic Farm Kembangbiakkan Ikan Langka Berbentuk Naga Asal Mexico

128
0

IJTIMALANG.COM — Seorang pemuda yang berdomisili di Kota Batu, kini tengah serius mengembangbiakkan ikan langka, dengan nama axolot. Ikan berjenis amfibi ini, termasuk dalam daftar ikan langka. Bentuknya yang mirip menyerupai naga, hewan legendaris yang bisa memuntahkan api dari mulutnya.

Ikan yang berasal dari perairan Negara Mexico tersebut. Kini banyak diburu oleh kolektor pecinta dunia air. Peluang bisnispun terbuka guna memenuhi pasar lokal di negeri ini.

Peluang inipun yang akhirnya dimanfaatkan oleh pemuda bernama Daffa. Bermula karena kegemarannya memelihara ikan berparas galak atau yang biasa disebut ikan predator. Kini ia bisa meraup untung besar. Lantaran hasil budidayanya tidak hanya mampu menembus pasar domestik, namun juga hingga ke mancanegara. Berbagai ikan termasuk ikan jenis ampibi yang memiliki nama khas Axolot.

Ia menamai bisnisnya perikanannya ini, dengan nama Axotic Farm. Ditambah modal intelektualnya sebagai seorang mahasiswa jurusan Fakulultas Perikanan Universitas Brawijaya Malang. Sehingga iapun bisa menjadikan bisnisnya ini sebagai uji praktek ilmu yang ia dapat di Kampus.

“Kini sejumlah penelitianpun ia jalankan untuk mengembangbiakkan atau breeding ikam jenis langka ini. Sehingga mampu juga mensiasati kepunahan dari ecosystem ikan jenis ampibi yang berasal dari perairan mexico.” Ujarnya.

Bertempat di jalan. karate no 16, Kelurahan  Ngaglik, Kota Batu. Ia bersama temannya, mengisi waktu luang disela sela keseharianya berkuliah. Dengan mengisi waktunya untuk mencoba membudidayakan ikan axolot yang memiliki kerentanan hidup dan bekembang di iklim tropis indonesia.

ikan axolot ini memiliki kaki dan tanduk layakna se ekor naga, bentuknya yang sekilas seperti naga namun memiliki bentuk wajah yang tersenyum dan lucu dan banyak orang sebut dengan nama smiling salamander. Jenis ikan ini memiliki kemampuan meregenerasi hampir seluruh anggota tubuhnya.

Dengan keeksotisan bentuknya. Ikan inipun kini diburu dengan harga jual yang cukup fantastis. Ia membuka harga dari kisaran ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

“Hal inilah yang membuat ketertarikan tersendiri untuk di teliti selain sebagai obyek bisnis yang menjajikan dengan harga yang cukup fantastis. Ikan axolot ini ternyata sulit untuk hidup di indonesia dikarenakan parameter dalam proses pemijahanya sangat berbeda dengan kebanyakan ikan pada umunya.” Ungkapnya.

Hal itu disebabkan karena ikan jenis endemik mexico ini memiliki habitat di danau xochimilco yang  memiliki ketinggian 2.240 mdpl. Sehingga tidak menutup kemungkinan memiliki parameter suhu air yang berbeda.

Kini dari hasil breeding yang dilakukannya, ia sudah memiliki  8 jenis ikan axolot antara lain jenis axolot  albino, axolot tiger, axolot  golden, axolot trexwool dan masih ada lagi jenis lainya yang akan dikembangkan di tempat ini.

Jenis ikan ini perawatanya tergolong sangat mudah  juga bisa menjadi pilhan yang tepat untuk di pelihara dan dimiliki  dirumah. Dalam  perwatanya ikan ini cukup diletakkan dalam aquarium menggunakan wather chilleryang berfungsi  memanipulasi parameter suhu. (Rafli Firmansyah)

Previous articlePresiden Jokowi dan Ibu Iriana Sambut Kelahiran Cucu Kelima
Next articleHarga Telur Ayam di Kota Batu Kembali Naik Ke Rp 27 Ribu Per Kg nya