Home Berita Menko PMK Muhadjir Effendy Optimis Budidaya Ikan Koi Bisa Mengurangi Kemiskinan

Menko PMK Muhadjir Effendy Optimis Budidaya Ikan Koi Bisa Mengurangi Kemiskinan

24
0

IJTIMALANG.COM – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan budidaya Ikan Koi merupakan bisnis yang menjanjikan di dunia industri perikanan. Muhadjir optimis bisnis Ikan Koi bisa mengurangi kemiskinan.

“Jika masyarakat mau budidaya Ikan Koi dan dikelola dengan baik maka akan menghasilkan lahan bisnis yang menjanjikan dan bisa mengentaskan kemiskinan. Bisa juga sebagai usaha mewujudkan cita-cita pemerintah Indonesia untuk menjadi poros perikanan dunia,”kata Muhadjir Effendy, saat penutupan Malang Koi Show di Universitas Muhammadiyah Malang ( UMM), Minggu (28/8/2022).

Muhadjir juga mengapresiasi langkah UMM bersama mitra usahanya mengembangkan bisnis Koi dengan mendirikan Center of Excellence (CoE) Koi . “Kerjasama yang dibangun UMM dengan mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) adalah sebuah langkah yang bagus. Dengan begitu, kemajuan dan pendidikan akan budidaya koi bisa terlaksana,” tuturnya.

Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto menambahkan dengan dibukanya kelas profesional khusus budidaya Ikan Koi diharapkan mampu memberikan edukasi dan mendorong mahasiswa menekuni dunia koi sehingga mempunyai nilai ekonomis.

“Aktivitas ini nyatanya membantu dunia perikanan Indonesia. Hobi budidaya Ikan Koi yang dikerjakan dengan profesional bisa menghasilkan kapital,”tandasnya.

Sementara Rektor UMM Fauzan menjelaskan lahirnya CoE Koi dari prodi aquakultur UMM bisa membuka lapangan kerja baru bagi mahasiswa dan bisa mengangkat ekonomi masyarakat.

“Saya yakin kerjasama strategis UMM dengan DUDI dapat menjadikan koi sebagai komoditas bagus dan menjadi bagian dari kemajuan ekonomi Indonesia,” demikian kata Fauzan.(Syaiful Akbar)

Previous articleBalita di Kediri Tewas Diduga Dipukul Palu
Next articlePresiden Jokowi Bagikan Bantuan Sosial di Pasar Cicaheum