Home Berita Beri Rasa Aman Perayaan Natal. Polres Malang Sterilisasi Gereja

Beri Rasa Aman Perayaan Natal. Polres Malang Sterilisasi Gereja

41
0

IJTIMALANG.COM – Untuk memberikan rasa aman umat nasrani dalam perayaan Natal. Polres Malang melakukan sejumlah pengamanan. Salah satunya dengan sterilisasi di lokasi rumah ibadah. Sterilisasi ini, Melibatkan Tim Penjinak Bahan Peledak dan Polisi Satwa K-9 Sat Brimob Batalion B Polda Jatim.

Seperti yang nampak dalam sterilisasi di Gereja Santo Petrus Kanisius Kepanjen atau Gereja Santa Maria Tak Bernoda di Jalan Punten, Kepanjen, Kabupaten Malang. Selain melakukan patroli bersama dengan Brimob Batalion B ini, selain dari segi pengamanan, patroli bersama untuk kelancaran lalu lintas dan juga kelancaran umat kristiani beribadah pada malam Natal.

Menurut Kabag OPS Polres Malang, Kompol Muhammad Bagus Kurniawan, sterilisasi ini akan dilakukan bertahap di 248 Gereja yang tersebar di wilayah Kabupaten Malang. Pencegahan teror ini, dilakukan seperti memeriksa kendaraan jemaat dan melakukan pemeriksaan dengan alat metal detector dan juga anjing pelacak di area gereja.

“Sterilisasi kembali kita lakukan besok untuk memastikan tidak ada gangguan dari keamanan, khususnya terkait benda dan barang berbahaya. Sementara jumlah gereja di Kabupaten Malang saat ini sebanyak 248 gereja. Namun kita skala prioritaskan kepada gereja gereja yang jemaatnya di atas 1000 orang. Dimana ada 9 gereja di Kabupaten Malang dengan jumlah jemaat di atas 500 hingga seribu orang lebih,” tutur Bagus. Saat memimpin patroli pada Sabtu (23/12/2023) sore.

Nantinya, dalam pengamanan gereja saat perayaan natal. Polres Malang juga melibatkan sejumlah elemen dari TNI-Polri, Pemkab Malang, dan Mitra Kamtibmas yang ada seperti dari rekan Banser dan Kokam Muhamadiyah.

“Jadi pengamanan dalam misa natal kita libatkan seluruh elemen baik dari TNI-Polri, Pemkab Malang, dan Mitra Kamtibmas yang ada seperti dari rekan Banser dan Kokam Muhamadiyah. Jumlah personel kami yang kita kerahkan untuk gereja besar 13 personel. 5 dari Brimob Polda Jatim, 8 personel Samapta, dan juga tim pengamanan tertutup kita siapkan satu unit,” beber Bagus.

Sterilisasi ini, disambut gembira oleh para jemaat kristiani. Diharapkan dengan adanya pengamanan ini, membawa ketenangan dan rasa aman jemaat untuk merayakan natal di tahun ini.

Ditempat sama, Petrus Mursidno selaku Ketua Wilayah Santo Petrus Kanisius Kepanjen, menambahkan, pihaknya merasa senang dengan penjagaan dan pengamanan Polres Malang terhadap gereja diwilayahnya.

“Kami berterimakasih sekali, karena dengan pengamatan dan sterilisasi ini ajan membawa kedamaian, ketenangan bagi jemaat untuk merayakan malam Natal tahun ini,” ucap Petrus.

Previous articlePolisi Temukan Miras Saat Bubarkan Balap Liar di Jalibar Malang
Next articleAntisipasi Lakalantas, Polres Malang Tes Urine Sopir Dan Kelayakan Angkutan Umum Saat Libur Nataru