Home Berita Pandemi Covid Minggat, Event Karnaval Menggeliat. Persewaan Kostum Raup Untung

Pandemi Covid Minggat, Event Karnaval Menggeliat. Persewaan Kostum Raup Untung

129
0

ijtimalang.com, MALANG — Usai “puasa” selama kurun waktu hampir 3 tahun karena Pandemi Covid 19 yang merebak diseluruh dunia, dan berdampak ke sejumlah sektor ekonomi. Termasuk pada dunia hiburan dan para penggiatnya. Karena tidak adanya ijin menggelar kegiatan, seperti salah satunya event karnaval.

Namun kini. Ditengah menurunnya kasus Covid 19, ditambah kembali normalnya berkegiatan ditengah masyarakat. Membuat sejumlah kegiatan hiburan kembali bergeliat. Salah satunya adalah event karnaval yang biasa di gelar di bulan Agustus, untuk menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia disejumlah wilayah di Nusantara ini.

Seperti juga yang dirasakan oleh Fitra Firmansyah, warga jalan Letjen S parman kecamatan gondanglegi, salah satu perajin kostum karnaval dan cosplay berbagai karakter ini. Kini ia bisa bernafas lega, dikarenakan pada moment perayaan hari kemerdekaan ini. Sejumlah pesanan dan juga order penyewaan kostum karnaval terus berdatangan dari berbagai daerah.

“Alhamdulillah. Sejumlah event karnaval sudah mulai kembali bergeliat. Kini sudah jauh hari, ada yang memesan sejumlah kostum, ada dari Tuhan, Lumajang, Jember dan juga wilayah Malang Raya.” Ungkapnya saat ditemui di Bengkel Seninya di Kecamatan Gondanglegi ini.

Pria yang mengaku secara otodidak menekuni profesi menjadi seniman pembuat kostum karakter berbahan spon ati ini, nampak tengah menyiapkan sejumlah karakter guna pemesan sejumlah event karnaval di sejumlah daerah.

Dengan dibantu sejumlah pekerjanya, ia mulai menyiapkan kostum dengan sejumlah karakter, seperti kostum etnik bernuasana pewayangan seperti Jatayu, Garudeya hingga karakter Hanoman. Serta sejumlah kostum berkarakter film hollywood seperti Transformer, Start wars hingga karakter monster dalam film aliens dan predators, tengah ia siapkan guna menyemarakkan karnaval di bulan ini.

“Untuk harga sewanya bervariasi, mulai dari harga 150.000 rupiah hingga 1.000.000 rupiah. Tergantung karakter dan kesulitan pembuatan kostumnya sendiri.” Imbuh pria yang telah memulai profesinya ini sejak 2010.

Tak hanya menyewakan sejumlah kostum karakter untuk event hiburan dan karnaval. Ia pun juga kerap menerima pesanan sejumlah costum player berbagai karakter film dan kartun. Karyanya pun tak hanya diminati oleh kolektor dan penggemar cosplay di dalam negeri, namun juga telah merambah pasar internasional.

“Ya seperti karakter bumble bee dalam film transformer yang sedang saya kerjakan ini, adalah pesanan dari kolektor asal Sidney Australia.” Tutupnya.

Dengan detail yang sangat mirip karakter aslinya ini, biasanya dikerjakan dalam waktu dua bulan, menyesuaikan kesulitan bentuk karakter pesanan. Hasil karyanyapun kini bisa tembus di pasar internasional dengan harga mulai 15.000.000 Rupiah. Ia pun mengaku telah mengirim hasil karyanya ini di negara Eropa dan Australia.

Previous articleHari Jadi Polwan Ke-74, Inilah Pesan Kapolres Malang
Next articlePerkuat Kekompakan, Kapolres Malang Beri Arahan Anggota Opsnal