Home Berita UMM Gelar Kontes Ikan Koi Nasional Memperebutkan Piala Menko PMK

UMM Gelar Kontes Ikan Koi Nasional Memperebutkan Piala Menko PMK

46
0

ijtimalang.com, MALANG — Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar kontes Ikan Koi nasional 26-28 Agustus mendatang. Ajang kompetisi Ikan Koi tersebut akan memperebutkan piala Menko PMK.

Panitia kontes Ikan Koi, Riza Rahman Hakim mengatakan gelaran Malang Koi Show ini sekaligus menjadi agenda launching Center of Excellence (CoE) Sekolah keahlian Koi dari Prodi Akuakultur UMM. Program ini pun melengkapi puluhan CoE yang sudah berdiri di berbagai jurusan yang ada di Kampus Putih seperti CoE unggas, udang, hingga komunikasi digital.

“Kami yakin ini adalah satu-satunya CoE Kelas Profesional di Indonesia yang fokus pada Ikan Koi dan diselenggarakan oleh perguruan tinggi,” ujar Riza, di Malang, Selasa (23/8/2022).

Adapun CoE Sekolah Keahlian Koi ini,kata Riza, memiliki tiga program utama. Ada in-class yang mendatangkan para ahli dari industri untuk memberikan pemahaman lebih bagi mahasiswa. Adapula internship (magang di tempat dunia kerja industri di DUDi Koi) dan praktek usaha bisnis koi bagi mahasiswa.

“Kalau kita lihat, ikan hias koi ini memang merupakan komoditas ikan yang memiliki nilai jual tinggi. Jadi tidak heran, banyak orang yang mencari dan mengembakbiakkannya,” urainya.

Selain itu, kata dia, Ikan hias koi memiliki daya tarik bagi banyak kalangan dan lintas usia. Kontes ini juga untuk mengedukasi terkait bagaimana merawat dan mengembangbiakkan ikan koi.

“Salah satu kontes yang tidak boleh terlewatkan ialah Malang Koi Show 2022 garapan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Ajang nasional ini akan dilangsungkan pada 26-28 Agustus mendatang,”tandasnya.

Malang Koi Show menyediakan sederet piala bergengsi yang diperebutkan. Mulai dari piala-piala eksklusif seperti piala menteri, piala dirjen, piala bupati hingga piala rektor. Apalagi ada hadiah utama yang menggiurkan yakni sepeda motor dan uang tunai jutaan rupiah.(Rafli Firmansyah)

Previous articleHormati Proses Hukum, Arema FC Hentikan Kerjasama Dengan Sponsor Situs Judi Bola Online
Next articlePemdes Senggreng Kenalkan Program Pecel Tempe Mendoan, Jemput Bola Layani Masyarakat