Home Berita Menteri PMK Dorong Mahasiswa UMM Produktif Hadapi Indonesia Emas 2045

Menteri PMK Dorong Mahasiswa UMM Produktif Hadapi Indonesia Emas 2045

50
0

IJTIMALANG.COM – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mendorong mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjadi mahasiswa tangguh dan produktif menghadapi Indonesia emas 2045. Untuk mencapai Indonesia emas, para mahasiswa ditekankan untuk mengasah dan membekali diri dengan keterampilan dan komunikasi.

Menurut Muhadjir tahun 2045 merupakan puncak produktivitas serta Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia akan menjadi SDM Unggul. Indonesia akan menemukan fase ke emasan.

“Momen Indonesia emas itu berada di tangan kalian. Oleh karenanya para mahasiswa baru harus membekali diri dengan sungguh-sungguh agar peluang tersebut tidak terlewat begitu saja,” kata Menteri PMK, di UMM,Senin (12/9/2022).

Untuk meraih target itu, kata dia, ada lima kemampuan yang harus diasah oleh mahasiswa baru. Keterampilan tersebut mencakup critical thinking, communication skill, creative innovation, collaboration, serta confident. Dengan lima kemampuan ini, diharapkan generasi muda bisa menjadi manusia yang unggul, baik di level nasional maupun internasional.

“Saya juga berharap para mahasiswa baru memiliki pedoman hidup bernama ISOBAR. Pedoman ini merupakan sebuah akronim dari ibadah, sosialisasi, organisasi, belajar, dan rekreasi. Jika kalian sudah mempersiapkan semuanya sejak dini, saya yakin kalian akan menjadi pemimpin unggul di masa depan,” kata Muhadjir.

Di sisi lain, Rektor UMM Fauzan mengaku UMM memiliki program UMM Pasti. Program ini dilaksanakan untuk mendorong kelulusan tepat waktu para mahasiswa. Selain itu, UMM Pasti juga dirancang untuk memberikan kemandirian pada para lulusan UMM melalui salah satu programnya yaitu Centre of Excellence (CoE) berbasis Program Studi (Prodi).

“CoE ini merupakan gambaran dari masa depan. Program ini pula yang menjadikan UMM sebagai Center for Future of Work (CFW). Melalui terobosan inilah, mahasiswa dapat mengembangkan potensi diri sekaligus menjawab tantangan terkait SDM di masa yang akan datang. Mari bersama-sama memajukan tekad untuk menjadi mahasiswa yang cakap dan unggul sehingga bsia mewujudkan Indonesia emas 2045 nanti,”demikian kata Fauzan.(Dix’s Fibriant)

Previous articleViral, Pria di Malang Lecehkan Wanita ODGJ
Next articleKompol Yanuar Ajak Mahasiswa ITN Jauhi Korupsi dan Radikalisme