Home Berita Kapolres Malang : Acara Petik Laut, Bentuk Keberagaman Budaya dan Gerakan Potensi...

Kapolres Malang : Acara Petik Laut, Bentuk Keberagaman Budaya dan Gerakan Potensi Ekonomi Pesisir

32
0

IJTIMALANG.COM – Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat bersama Forkopimda Kabupaten Malang mendampingi Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa meninjau langsung kemeriahan Prosesi Ritual Larung Sesaji dan acara Tasyakuran Petik Laut 2022 nelayan pantai Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Selasa (27/9/22).

Masyarakat pesisir pantai di Indonesia sangat terikat kuat dengan budaya dan tradisi lokal yang terkadang memiliki keunikan tersendiri.

Begitu juga dengan masyarakat nelayan di kawasan Dusun Sendang Biru, yang melaksanakan kegiatan petik laut dan syukuran nelayan sebagai acara tahunan mereka yang dilaksanakan tepat pada tanggal 27 September setiap tahun.

Acara kali ini, merupakan acara yang ke 40-kalinya yang dilaksanakan di kawasan Pelabuhan Perikanan Pantai Pondokdadap.

Diketahui bersama, acara Tasyakuran ini dihadiri langsung oleh Gubernur Jatim Hj. Khofifah, yang juga didampingi oleh Forkopimda Kabupaten Malang diantaranya Bupati Malang H. Sanusi, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat, Dandim 0818 Malang-Batu Letkol Inf. Taufik Hidayat, beserta Muspika Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Sementara itu, Pejabat Utama Polres Malang yang mendampingi Kapolres Malang pada acara ini diantaranya Waka Polres Malang Kompol Rizky Tri Putra, Kabag Ops Kompol Wahyu Setyo Pranoto, Kasat Samapta AKP Bambang Sidik Achmadi, Kasat Lantas AKP Agnis Juwita Manurung, Kasat Polairud AKP Totok Suprapto, dan Kasat Intelkam IPTU Bambang Sulistyono.

Prosesi acara ini dimulai dengan arak-arakan, dimana dalam prosesi ini, tumpeng yang terdiri dari hasil bumi Dusun Sendang Biru diarak keliling kampung, yang diiringi dengan barisan penari dan para pegiat budaya.

Arak-arakan tumpeng ini kemudian diarahkan menuju kawasan dermaga untuk dinaikkan ke atas perahu. Sementara itu, masyarakat dan para tamu undangan diarahkan menuju gedung Tempat Pemasaran Ikan (TPI) Pondokdadap untuk mengikuti pembukaan dan doa bersama.

Saat prosesi Larung sesaji, Kapolres Malang bersama Forkopimda juga turut langsung menyaksikan dan mengawal prosesi ini ditengah laut. Nampak juga banyak sekali masyarakat yang ikut mengawal sesaji hingga sampai di titik pelarungan.

Acara ini juga menjadi salah satu agenda wisata di Kabupaten Malang yang mampu menarik perhatian banyak masyakarat Indonesia maupun mancanegara.

Hal ini dibuktikan dengan nampak ribuan warga membanjiri Pelabuhan Perikanan Pantai Pondok Dadap untuk menyaksikan secara langsung prosesi ini.

Kegiatan ini merupakan tasyakuran dan juga doa bersama yang melambangkan melimpahnya rezeki yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa selama para Nelayan menjalani kehidupan sehari-hari dalam mencari nafkah dari hasil melaut.

Acara Petik Laut juga memiliki nilai ekonomi dan nilai wisata. Dengan adanya kegiatan tersebut, banyak warga yang datang, yang pastinya akan terjadi kegiatan ekonomi jual-beli. Serta wisata, karena saat ini semakin banyak orang yang tahu dan tertarik menyaksikan ritual tahunan tersebut.

Untuk itu, demi menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif dan memberikan rasa aman dan nyaman masyakarat, Kapolres Malang juga menyiagakan Personel pengamanan gabungan baik dari Kepolisian, TNI, Satpol PP, Basarnas, dan juga Stake Holder terkait.

Ferli berharap, kegiatan ini mampu untuk menggerakkan roda perkonomian masyakarat Sumawe dan melambangkan keanekaragaman budaya yang ada di Kabupaten Malang.

Previous article6 Kali Beraksi, Pelarian DPO Begal Motor Dihentikan Tim Gabungan Resmob Malang
Next articleIJTI Korda Malang Raya Gelar Audiensi Dengan Pemkot Batu, Temukan Titik Terang Insiden Orchid Show