Home Berita Kali pertama, UB Gelar Akademi Wirausaha Mahasiswa Merdeka

Kali pertama, UB Gelar Akademi Wirausaha Mahasiswa Merdeka

18
0

IJTIMALANG.COM – Universitas Brawijaya (UB) menyelenggarakan Akademi Wirausaha Mahasiswa Merdeka (AWMM) untuk kali pertama, tujuannya menciptakan mahasiswa agar mampu berwirausaha.

Acara dibuka dengan pemukulan Gong oleh Rektor UB Prof. Widodo, S.Si.,M.Si.,Ph.D.Med.Sc di Ruang Algoritma Gedung FILKOM lantai 2, Senin (29/8/2022).

Ketua Pelaksana Ilhamuddin Nukman, M.Psi.,MA menjelaskan program AWMM didesain sebagai kawah candradimuka di bidang wirausaha bagi mahasiswa.

“AWMM akan diikuti mahasiswa selama tiga bulan. Dari 1270 peserta yang ikut, kami kemudian menyeleksi menjadi 934 peserta,”kata Ilham.

Dalam program AWMM nanti, setiap mahasiswa yang ikut akan mendapatkan beberapa materi tentang bagaimana membangun mindset wirausaha, membangun mentalitas, karakter, dan ketahanan sebagai calon pengusaha. Kedua, bagaimana merumuskan usaha, menemukan ide, model bisnis, dan rencana bisnis.

Ketiga, bagaimana mempresentasikan ide-ide ke dalam bisnis sehingga para investor tertarik untuk memberikan investasi di dalam program mereka itu. Mereka akan membuat prototype dan kemudian diexpokan didalam program wirausaha.

“Program ini sepenuhnya didanai oleh Kemendikbudristek melalui LPDP. Kompensasi biaya hidup diberikan dalam bentuk pembiayaan modal untuk pembuatan prototype produk. Setiap kelompok akan mendapatkan modal Rp 5 juta,”kata Ilham.

 

Rektor UB, Prof Widodo mengatakan AWMM merupakan terobosan bagus dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di bidang wirausaha.

“Kemajuan negara ditentukan dari jumlah jenis pekerjaan dari populasi masyarakat yaitu seberapa banyak penelitinya dan seberapa banyak yang jadi entrepreneur. Kalau dua-duanya jumlahnya banyak akan sangat mudah dan cepat bagi sebuah negara untuk maju,”katanya.

Dia menambahkan, AWMM akan mewadahi generasi entrepreneur dalam mengubah mindset bahwa untuk bisa sukses tidak hanya mencari lapangan pekerjaan tapi menjadi wirausaha.

Ketua wirausaha merdeka pusat Wachyu Hari Haji berharap dengan diselenggarakannya AWMM kali ini mahasiswa bisa mengikuti jejak wirausaha para alumninya.

“Saya berharap adek adek mahasiswa bisa mengikuti program ini sampe selesai,”katanya.

AWMM merupakan program unggulan MBKM yang didesain untuk menciptakan para pengusaha muda baru.

Kegiatan AWMM akan berlangsung selama tiga bulan ini setara dengan 20 SKS

Pelatihan AWMM ini dilaksanakan secara luring dan daring selama 3 bulan dan akan diakhiri dengan expo kewirausahaan mahasiswa bulan November 2022. (Saiful Akbar)

Previous articleDemo Tolak Kenaikan BBM, Mahasiswa Sempat Adu Dorong Dengan Polisi
Next articleDeretan Parkir Mobil Liar Yang Egois, Bikin Macet di Sepanjang Jalan Bandung