Home Berita Korban Kekerasan Seksual di Kota Batu Jadi Perhatian Khusus Mensos, Ini Sebabnya.

Korban Kekerasan Seksual di Kota Batu Jadi Perhatian Khusus Mensos, Ini Sebabnya.

28
0

IJTIMALANG.COM – Kasus kekerasan seksual menimpa salah satu anak dibawah umur yang dilakukan oleh ayah tirinya di Kota Batu  mendapat perhatian khusus dari Menteri Sosial.Pasalnya perhatian khusus keluarga korban bersama korban di usir dari rumahnya keluarga pelaku kekerasan seksual ber inisial WD asal Desa Beji,Kecamatan Junrejo,Kota Batu.

Di ketahui pengusiran atau penelantaran  keluarga korban oleh keluarga pelaku kekerasan seksual di dasari lantaran pihak keluarga korban yang melaporkan permasalahan kekerasan seksual ini  menolak untuk mencabut laporannya.

Hal ini di benarkan Kepala Dinas Sosial Kota Batu Riri Mashuri, saat di temui di ruang kerjanya, Senen (18/9).

“Benar mas,keluarga korban yang menempati rumah tinggal milik pelaku yang merupakan ayah tiri korban di usir oleh pihak keluarga tersangka,” kata Riri.

“Jadi,sesuai informasi dari pihak korban terkait pengusiran dirinya dari rumah yang ia tempat itu, di latar belakangi pihak korban di suruh mencabut laporannya tidak mau,” jelas Riri.

Lebih lanjut Kepala Dinas Sosial Kota Batu menambahkan, awalnya ada laporan ke Reskrim Polres Batu dan suratnya kami terima. Kemudian ada laporan dari perangkat desa, yang pada saat itu melaporkan ada kejadian pelecehan seksual. Inisialnya SYS saat itu sudah kami lakukan assesment.

Sementara terkait bantuan terhadap keluarga korban pihak Dinas Sosial Kota Batu telah memberikan kebutuhan dasar sembako,pakaian layak pakai untuk keluarga dan anak anaknya.

Masalah ini adalah harus ditangani secara serius karena anggota keluarganya ada 5 orang, sasaran kami tidak hanya SYS tetapi juga adik-adiknya.

“Sesuai amanat Walikota Batu, kami telah bersinergi dengan Dinas Pendidikan untuk  kelanjutan pendidikan korban dan adik-adiknya. Karena ini masuk kategori rentan, bagaimana mereka bisa melanjutkan sekolahnya,”ujar Riri.

Peristiwa kekerasan seksual dan pengusiran keluarga korban oleh keluarga pelaku ini mendapat perhatian khusus dari Menteri Sosial Tri Risma Maharani. Hal ini di sampaikan Kepala Balai Besar Margo Laras Djiwaningsih  bersama Kementrian sosial Dirjen Anak, saat berkunjung ke Kantor Dinas Sosial Kota Batu,Senen (18/9/2022).

“Ini perintah langsung dari Bu Risma. Karena beliau sangat konsen sekali terhadap masalah sosial utamanya terkait perlindungan anak,” kata Djiwaningsih.

Kemudian beliau mengutus kami dari Margolaras Pati dan Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak untuk memberikan perlindungan pada anak tersebut kemudian melakukan assesment kebutuhan anak.

Dengan kehadiran ini mudah-mudahan bisa digali juga permasalahan yang ada dan apa yang bisa dilakukan Kemensos dari permasalahan ini.

“Permasalahan seperti ini marak sekali dan membuat ibu Mensos sangat responsif ketika ada permasalahan seperti ini. Tidak hanya terkait dengan anaknya tetapi juga lingkungan. Saya rasa Dinas Sosial Kota Batu sudah luar biasa dan sinergi dengan Kemensos kami bahu membahu bagaimana menyelesaikan permasalahan ini,” akui Djiwaningsih.

“Intinya, kita diminta menelusuri permasalahan serta memenuhi kebutuhan anak serta orang tuanya. Apa yang bisa diperbuat Kemensos untuk memberdayakan ibunya. Sehingga kalau permasalahan ini selesai keluarga tersebut bisa kembali ke kehidupan normal dan ibunya bisa diberdayakan agar menunjang kebutuhan ekonominya,”jelas Djiwaningsih.(Yanto Yancong)

Previous articleUpaya Tekan Angka Pengangguran, Pelatihan MUA Digelar Untuk Para Pencari Kerja di Kota Malang
Next articleTiga Komplotan  Spesial  Pencuri Hewan Ternak di Kota Batu Kandas di Tangan Polisi